Artikel tentang alternator:
http://motubalovers.blogspot.co.id/2015/03/charade-mengganti-kondenser-alternator.html
http://motubalovers.blogspot.co.id/2015/03/charade-mengganti-kondenser-alternator.html
http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-memasang-amperemeter-di.html
http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-kenapa-accu-mobil-sering-soak-dan.html
http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-kenapa-accu-mobil-sering-soak-dan.html
2. Filter bensin/pipa bensin mampet, sering kejadian. Tangki bensin yang tua, banyak karat dan endapan kotoran. Apalagi kalau kalau dipakai sampai tangki kosong/nyaris kosong. Otomatis endapan di dasar tangki pun kesedot dan menyumbat. Tanda-tandanya motuba bisa hidup distarter tapi mati saat digas. Solusinya kuras tangki dan bersihkan jalur bensin, ganti filter. Daruratnya coba sedot selang/pipa dari tangki (sebelum filter), semoga sumbatan ikut tersedot juga. Pipa/selang yang mampet akan terasa susah/berat disedot.
Artikel yang berkaitan :
3. Pada motuba FWD sering kejadian CV joint/nap nya aus. Rusaknya ngga langsung rusak, ada bunyi2an sebelum rusak total. Solusi siapkan cadangan cv joint di bagasi(harga 400 rb-an sepasang yg KW). Kalau cv-join/nap rusak tandanya mesin hidup, as roda muter tapi rodanya ngga mau muter.
nap |
nap |
cv-join |
4. Membran bensin lemah. Solusinya pasang rotax cadangan di jalur bensin, hidupkan jika membran lemah. Tanda-tandanya bensin tidak menyembur di karburator, mogok kalau di tanjakan.
Artikel yang berkaitan :
5. Sistim pengapian platina, kondesor, koil, kabel busi, busi. Biasanya platina bentol dan koil tewas. Ciri-ciri coil tewas yaitu saat mogok terasa panas. Tetapi setelah coil dingin, mesin bisa hidup dan mati lagi saat coil kembali kepanasan. Bisa juga mesin ngga mau hidup lagi. Platina bentol daruratnya bisa diamplas. Amplas pada satu arah(jangan bolak-balik) dan bersihkan dgn lap. Oh yah platina terdapat dalam delco.
6. Mesin overheat. Biasanya karena kipas angin mati dan air radiator bocor. Bisa juga karena relay atau termoswitch buat kipasnya mati.
Artikel yang berkaitan :
7. Habis kampas kopling gara2 suka main setengah kopling. Misalnya disebabkan karena rem tangan blong jadi main setengah kopling saat berhenti di tanjakan.
Artikel yang berkaitan :
Artikel yang berkaitan :
No comments:
Post a Comment