Monday, June 6, 2016

Penyebab Dan Solusi Mobil Tidak Mau Hidup

Mobil tua dengan karburator dan platina adalah mobil yang paling simple troubleshootingnya. Syarat agar mesin mobil bisa menyala :
1. Ada kompresi
2. Ada bahan bakar
3. Ada pengapian

Kompresi bisa diketahui dengan mengukur kompresi di bengkel. Ada tidaknya bahan bakar(bensin) bisa dilihat dari filter bensin. Kalau filter bensin hanya terisi separoh atau malah kosong, itu tandanya ada masalah di fuelpump, pipa bensin atau malah kehabisan bensin :D . Tapi yang biasanya terjadi adalah tidak ada pengapian, bisa disebabkan :
- dinamo starter
- koil rusak
- platina bentol

Tulisan ini membahas tentang troubleshooting karena koil rusak dan platina bentol, untuk masalah dinamo starter dan bahan bakar bisa dibaca di :

http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-mesin-mobil-susah.html

Pertama adalah cara memeriksa apakah ada api di keluaran koil, caranya pasang busi (dengan kabel) langsung pada output koil :





Lakukan starter 1-3 detik saja, apakah ada ada api di busi? Kalau ada berarti masalah mungkin di tutup delco, busi(dan kabel busi), bensin dan kompresi(jarang sekali terjadi). Kalau tidak ada api, maka mungkin ada masalah di koil atau platina. Berikutnya cek api dari platina :



Lepas kabel keluaran koil, lakukan pengukuran dengan AVO meter pada AC skala 250V atau 500V. Pada mobil platina, goyangan jarum terlihat jelas pada AC skala 250V atau 500V. Pada mobil yang menggunakan TIC atau ignition transistor, goyangan sangat lemah pada skala 50V AC. Avometer bisa diganti dengan testpen DC. Kalau tidak ada goyangan/nyala sama sekali, biasanya karena platina bentol. Yang perlu dilakukan hanya buka tutup delco dan amplas platinanya :

http://mazdauc1400.blogspot.com/2016/02/mogok-karena-platina-bintul.html


Berikutnya cek filter bensin(yang transparan) adakah bensinnya? Bisa jadi filter bensin mampet. Kalau ngga ada bensin, kemungkinannya :
1. Bensin habis
2. Fuelpump loyo/rusak
3. Jalur bensin mampet
4. Filter bensin mampet.

Kalau tidak ada bensin di filter bensin, lepas filter bensin, selang dari tangki/rotax langsung ke karburator. Coba starter 2-3 x, semoga bisa hidup.

Untuk masalah bensin yang tidak lancar, ada di :

http://motubalovers.blogspot.com/2015/03/charade-membersihkan-pipa-dan-tangki.html





2 comments:

  1. Maaf suhu saya mohon pencerahannya, charade g 10 th 82 saya, semua indikator di dashboard nya tidak jalan, seperti amphere suhu, bensin, oli, KM dan lain2... saya jadi bingung dimanakah letak permasalahannya, saya mohon suhu bersedia untuk memberikan pencerahannya, saya haturkan terima kasih atas keluhuran budi suhu atas problem saya... terima kasih..

    ReplyDelete