Monday, March 30, 2015

[Charade] Belajar Menyetel Klep

Pada charade 3 cylinder, maka urutan penyetelannya adalah :




Urutan penyetelan ini juga berlaku untuk mesin CB20, CB-23, CB-61 dan CB-80.

Jadi :

Pada saat silinder 1 pada akhir stroke kompresi. Klep2 yang disetel :
-silinder 1 : IN dan EX
-silinder 2 : EX saja
-silinder 3 : IN saja

Pada saat silinder 1 pada puncak intake dan exhaust. Klep2 yang disetel :
-silinder 2 : IN saja
-silinder 3 : Ex saja

Apa sih "akhir stroke kompresi" dan "puncak intake dan exhaust" ?

Diskusi dengan Ayah'e Aulinaya :  Akhir stroke kompresi biasa disebut sebagai "top kompresi",yaitu dimana piston pd posisi paling atas pada langkah kompresi yang ditandai dengan bebasnya rockerarm. Jadi kedua klep sedang menutup.

Puncak intake/exhaust biasa disebut "top buang", yaitu dimana posisi piston berada dititik paling atas pada saat posisi buang, yang ditandai dengan rapatnya rockerarm pada kedua klep.

Lebih jelasnya lagi, perhatikan kerja 4 tak berikut :


 Akhir stroke kompresi adalah akhir proses 2 saat proses terakhir kompresi, siap diledakkan. Tampak "top buang" yaitu akhir proses 4 tercapai saat piston berputar 360 derajat mencapai akhir proses 4. Jadi posisi "top buang" dicapai dengan memutar kruk-as sejauh 360 derajat.

Bagaimana menentukan posisi "top kompresi"?  Ada 2 cara :

1. Melalui lubang flywheel, posisi  "top kompresi" ditandai oleh huruf T atau suatu titik/bundaran. Lubang flywheel berada dibawah selang bypass radiator, dibawah delco. Lubang ini ditutup plastik/karet. Posisi "top kompresi"saat huruf T atau suatu titik/bundaran sejajar dengan coakan.


2. Melalui coakan plastik tutup timing belt(check mark) dan tonjolan bundar pada pulley(timing mark). Posisi "top kompresi"saat bundaran sejajar dengan coakan.



Jadi langkah2 penyetelan klep adalah berikut :

1. Lepas filter udara dan tutup blok dengan memakai kunci 12.

2. Putar baut 17 pada pulley searah jarum jam hingga mencapai top kompresi. Posisi bundaran sejajar dengan coakan tidak hanya menandakan top kompresi tapi juga top buang,  bedanya pada top kompresi rockerarm-nya bebas. Sedangkan pada top buang, rockerarm-nya rapat. Jadi cek dulu rocker-armnya, kalau bebas berarti top kompresi, kalau rapat berarti top buang.




Pada top kompresi Klep-klep yang disetel :
-silinder 1 : IN dan EX
-silinder 2 : EX saja
-silinder 3 : IN saja

Pada top buang. Klep-klep yang disetel :
-silinder 2 : IN saja
-silinder 3 : Ex saja

Begini cara menyetel klep. Kendorkan dulu baut 12 yang mengunci pelatuk. Putar2 pelatuk dengan obeng (-) sampai fuller terjepit. Tetap jaga posisi putaran obeng, kencangkan baut kunci pelatuk dengan kunci 12.

Clearence klep (mm) untuk :

CB-20 CB-23 CB-61 CB-80
Intake 0.20.20.250.2
Exhaust 0.20.20.250.32

Peralatan yang dibutuhkan :
- kunci 12
- fuller
- obeng yang mantap. Alot buka yang lamanya.




Untuk 4 silinder begini caranya :

Pada top kompresi ada 4 klep yang rockeramnya bebas dan bisa disetel. Putar 360 derajat, ada 4 klep lagi yang rockeramnya bebas dan bisa disetel

No comments:

Post a Comment