Monday, March 30, 2015

[Charade] Mengganti Kondenser Alternator

Sabtu 26 january kemarin akhirnya terlaksana juga penggantian kondesor alternator. Apa sih alternator itu, alternator atau dinamo jalan adalah dinamo yang digerakan karet pully oleh kruk as dan menghasilkan listrik untuk setrum accu dan supply DC 12 volt bagi mobil. Letak alternator ada di bawah master rem dan dibelakang cover timing belt.

Letak Alternator
Sebenarnya sih kalau bisa akses lewat kolong ngga perlu nyopot alternator. Tapi karena 2 buah jackstand saya jalan2 ngga pulang2.. terpaksa nyopot alternatornya. Paling mudah alternator diturunkan lewat kolong mobil. Ada 3 baut kunci 12 yang harus dilepas. Jangan lupa copot semua kabel yang nyambung ke accu.

baut atas

Baut bawah kanan yang dibawah karburator 


Baut bawah kiri 
Beginilah alternator dan baut2nya :
Alternator dan baut2nya
Dudukan alternator

Dudukan alternator tempat alternator nakngkring 
Ukuran fisik kodenser lama sama dengan kodenser baru

kodenser pada alternator 
Wekksss... ukuran terminalnya kekecilan, jangan2 ini bukan alternator orisinal gs10, ataukah salah beli kondensernya :p


Terminal kondeser baru kekecilan 
Tadinya mau diganti terminalnya dengan terminal yng sesuai, tapi edan kencengnya pasangan terminal pabrikan. Akhirnya terminal barunya dibesarkan saja pakai gunting, lebih mudah.. dan kabel terpasang kencang. Selanjutnya terminal dikecangkan dengan kunci 10, sementara dudukan kodenser pakai kunci 8. Karet tutupnya juga kekecilan, tidak bisa ngunci rapat, terpaksa ditutup pakai lem Castol saja deh.

Diseal dengan castol 
Karet lama sudah remuk, tadinya saya pasang sambil dibungkus sealer merah dan isolasi.

Karet lama sudah lapuk 
Pasang lagi alternator di mesin... wuihhh susahnya ngepasin baut2 bawahnya. Pasang dulu baut atasnya yang kendor. Alternator digeser2 sambil baut bawah disodok2. Wah kayak penganten baru yang sama2 perjaka dan tidak berpengalaman :D hahahahaha... akhirnya masuk juga baut bawah kanan. Selanjutnya baut bawah kiri lebih mudah masuk. Perhatian, saat pemasangan awal baut, gunakan tangan kosong dulu, jangan pakai kunci. Putar baut dengan tangan kosong hingga berat mutarnya. Kalau pakai kunci, bisa salah pasang dan drat rusak/sleg terus macet deh. Kalau sudah kencang pakai jari2 sampai mentok, baru pakai kunci2 buat ngencangin lagi. Baut2 bawah jangan terlalu kencang dulu. Dorong alternator ke belakang dengan tangan kanan sampai mentok/berat, sementara tangan kiri mengencangkan baut atas. Diteruskan mengencangkan baut2 bawah. Selesai pemasangan alternator dan kabel2nya, pasang kembali kabel2 ke accu. Ukur dulu tegangan accu saat mati :

Tegangan accu 12.6 volt saat mesin mati 
Hidupkan mesin dan ukur lagi :

Tegangan accu 14.2 volt saat mesin dihidupkan, ada catu dari alternator 
Beberapa menit kemudian malah tegangannya naik hingga 14.5 - 14.8 volt. Alternatornya sehat yah? Okee reparasi kondeser alternator sememtara ini dinyatakan sukses.

No comments:

Post a Comment