Monday, March 30, 2015

[Charade] Mengganti Solenoid Switch Starter

Akhirnya jumat tgl 11 Januari 2013, sambil berangkat ke kantor saya mampir ke Toko Mitra Jaya Cicadas. Sebelumnya, starter dan solenoidnya saya turunkan dulu sendiri. Untuk melepas starter dibutuhkan kunci 12 dan kunci 14. Kalau melihat ukuran lubang mounting starter sih, seharusnya tak ada baut 12.


Oh yah.. Jangan lupa copot semua kabel yang nyambung ke accu.

Kunci 12 untuk baut dekat kopling

kunci 14 untuk dekat radiator

Kepada pelayan toko saya minta solenoid untuk G10, ternyata dudukan baut-murnya beda. "ooooh itu yg kijang", kata pelayan lain. Diambillah solenoid kijang... ehhh beda lagi :). "Coba yg colt", kata pelayan lain. Bener juga, ternyata pakai solenoid mitsubishi T120 jadul :D . Solenoid colt merek Nippon ini harganya cuma 40 rb! . Saya bayar saja, walau sebenarnya saya nyari yg merek Denso (ND). Kalaupun nanti ngga kepake, yah buat cadangan saja. Atau buat mekanik kunci pintu atau mekanik lainnya. Yah solenoid ini juga berfungsi untuk mendorong gigi bendik agar maju nyambung ke kruk as.




Solenoid baru merek NIPPON dan solenoid lama merek NEW ERA
Siangnya saya mencoba mencari solenoid Denso untuk colt T120 di Suniaraja. Sasaran pertama adalah Irian Motor, hasilnya nihil. Kemudian mencoba di toko seberang jalan, kosong juga. Saya ditunjukan ke toko Union Motor jalan Suniaraja no 103 diseberang jalan. Wah di toko ini koleksi solenoid T120 lengkap, ada yang merek Matsuda seharga 125 rb dan yang Denso juga ada, harganya 250 rb. Setelah ditawar solenoid Denso (ND) kena 125 rb.

Solenoid Denso (ND)
Keesokan harinya, pada sabtu pagi, dilakukan pemasangan solenoid pada dinamo starter. Dinamo starter pun dipasang kembali. Dites.. langsung jeger pada usaha pertama :), reparasi sukses.


solenoid dikancingkan dari atas


















No comments:

Post a Comment