Turunkan roda, kendorkan mur2 roda. Dongkrak lagi roda depan, lepaskan mur2 roda. Kemudian copot roda depan kiri.
Turunkan roda, kendorkan mur2 roda. Dongkrak lagi roda depan, lepaskan mur2 roda. Kemudian copot roda depan kiri.
Inilah tie rod yang oblak |
Buka mur dengan kunci 17 dengan memutar searah jarum jam |
Weleh susah banget melepas mur ini, semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… masih belum bergerak sedikitpun. Semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… mur-nya masih belum bergerak juga. Sempat menyesal, kenapa ngga dibawa ke bengkel saja . Semprot lagi dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… horee murnya mau berputar dikit. Semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… murnya pun mau berputar lancar .
Luruskan kawat penjepit mur dengan tang |
Tarik keluar kawatnya |
Selanjutnya copot murnya.
Copot mur dengan kunci 17 |
Melepas baut tie rod dengan menggunakan palu
Ketok keatas baut tie rod dengan palu |
Penggunaan palu sebenarnya tidak ada di manual, seharusnya menggunakan alat khusus. Kalau baut tie-rod sudah lepas, selanjutnya melepas tie rod dari rack end.
Lepas tie rod dengan menggunakan dua kunci 17. Kencangkan mur sampai mentok. Kunci pada mur selanjutnya sebagai penahan. Putar kunci 17 yang pada tie-rod berlawanan arah jarum jam. |
Kalau sudah ringan diputarnya, copot dengan tangan kosong. |
Tarrrraaaa... tie rod pun terlepas. |
Laporan kali ini hanya cara melepas tie rod. Cerita mencari dan memasang tie rod baru nanti sesudah gajian bulan depan hahahahaha.
Update 31 maret 2011 :
Tadi sudah beli tie rod merk IMC. Harganya 105 rb, isinya sepasang. Terus pasang sendiri. Cuman belum di spooring, yang diganti cuman yg kiri. Mau ganti yg kanan takut kena rack-end nya (gara-gara pake palu). Hikmahnya mendingan beli tie rod sendiri, terus bawa ke bengkel minta ganti tie-rod dan spooring .
Siiip trims....ok
ReplyDelete