Monday, March 30, 2015

[Charade] Mohon Maaf Lahir Dan Batin, Mudik 2012 Macetnya Edannn


Tadi malam jumat 17 agustus sekitar jam 10 malam saya monitor twitter tentang kondisi jalur mudik. Didapat cileunyi-rancaekek-nagrek masih macet. Padahal sudah macet sejak sore. Cileunyi-jatinangor-cadas pangeran pun macet.
Paginya sabtu 18 agustus jam 04.00 saya bersiap-siap mudik bandung-banyumas. Monitoring twitter.. eh semua masih macet juga. Bahkan sampai tol cileunyi ! . Lewat cileunyi=jatinangor dan seterusnya pasti sudah macet di cileunyi :p . Mau lewat cijapati via rancaekek juga stuck di cileunyi-rancaekek. Bahkan di limbangan-malangbong juga macet. Jalur Wado jelas akhirnya kena macet juga di malangbong.
Pada waktu itu kesimpulan saya :
1. Pantura macet total
2. Rancaekek-Nagrek macet parah
3. Banyak pemudik yang dialihkan ke jalur alternatif sumedang, nagrek,
malangbong, gentong dsb.
4. Tol cileunyi macet hingga nagrek dan jatinangor
5. Tidak ada berita/twit kemacetan di jalur cijapati
Akhirnya saya putuskan memutar via majalaya. Dari ujungberung lurus ke selatan, ke gedebage terus majalaya. Akibat memutar lewat jalan rusak dan pedesaan(karena nggak hapal medan di majalaya :D ), saya butuh 1.5 jam untuk sampai cicalengka. 3 kali lebih lama dan 2 kali lebih jauh daripada lewat cileunyi-rancaekek. Ternyata cicalengka-cijapati-rancasalak sepi sekali! Lancarrrr banget dah :D .

.
Sampai di rancasalak, saya diberitahu penduduk bahwa kadungora macet parah dan diarahkan lewat jalan pedesaan yang ternyata tembus di leles. beberapa ratus meter sebelum situs candi cangkuang. Perjalanan lewat garut dan tasik lancar walau ramai sekali. Akhirnya masuk jalur utama mudik di pertigaan sindang kasih. cikoneng. Di cikoneng ini macet sekitar 1 jam. Akhirnya istirahat di restoran Puja Seda ciamis.


Macet 1 jam di Cikoneng :D

.








Istirahat di restoran Puja Seda ciamis

.
Jam 11 berangkat lagi. Kecepatan tetap santai sekitar 50 km/jam, selalu disalip mobil dan motor :D . Biar lambat asal selamat, apalagi bawa anak isteri. Anggap saja ini perjalanan jalan-jalan, jadi nggak usah buru-buru. Kena macet lagi di wanareja dan majenang. Butuh satu jam untuk melewati majenang. Di lumbir terasa sedikit ngantuk, jadilah istirahat dulu jam 15.00 di masjid balai desa Tinggar jaya Jatilawang, solat ashar dan makan lagi. Jam 16.00 perjalanan dilanjutkan, alhamdulllilah sampai di kalibagor banyumas jam 17.10.


Mengantisipasi kemungkinan macet/mogok yang parah di tanjakan, saya mendadak membuat ganjal mobil dari kayu balok pagi itu juga sebelum berangkat :D.




Kayu balok 5×12 buat ganjal roda :D


Btw, kisah mudik macet saya ada di detik.com juga :

No comments:

Post a Comment