Monday, March 30, 2015

[Charade] Memperbaiki Lampu Itu Mudah Dan Murah

Hari sabtu sehabis mengantar anak ke sekolah, iseng2 saya cek lampu sign.. oops lampu sign kanan belakang mati! Pantes saja motor tetap ngotot nyalib walau mobil sudah mau belok kanan. Lah ngga ada sign-nya!. Sempet bingung waktu mau buka tutup lampunya. Kalau di motor kan, buka tutup lampunya pakai obeng untuk melepas sekrupnya. Lah ini ngga ada sekrupnya! Oalah ternyata akses lampunya dari dalam. Jadi buka casing (kulit) body bagian dalam, baru bisa mengakses lampu.

Buka casing bagian dalam

Tinggal tekan, putar dan cabut lampunya

Lampu kiri walau tak mati tapi sudah melekat dan karatan. Jadi harus diganti juga. Cukup susah juga melepasnya, mesti pakai penetrating oil dan tang panjang. Alhasil walau akhirnya lepas, tapi lampunya rusak . Lampu baru penggatinya murah, cuman 2 rb perbijinya. Tapi hanya ada di toko onderdil mobil. Tidak ada di bengkel2 motor.

Dua lampu sign baru mengapit lampu sign yang mati


Selanjutnya memeriksa lampu depan, wah lampu jauhnya mati! Oke buka kap mesin, cek bola lampunya.

Bola lampu masih baik

Dari pemeriksaan secara visual, nampak elemen pijar lampu jauh masih baik. Dicek pakai AVO meter juga masih baik, resistansi sekitar 5 ohm, jadi tidak putus.


Berikutnya cek tegangan di konektor lampu. Pasang switch lampu jauh, periksa tegangan pada konektor lampu jauh. yah ngga ada tegangan buat lampu jauh.

cek tegangan pada konektor
Selanjutnya tracing kabel. Dua kabel lampu jauh dan dekat masuk selang yang menuju ke daerah lampu kiri.

Tracing kabel lampu kanan. Dua kabel lampu jauh dan dekat masuk selang yang menuju ke daerah lampu kiri.


Tracing kabel lampu kanan. Dua kabel lampu jauh dan dekat masuk selang yang menuju ke daerah lampu kiri

Selang menuju bagian lampu kiri. Kabel hitam polos dari lampu kanan dan kabel hitam polos dari lampu kiri masuk selang dan berujung pada suatu relay, ini lah relay lampu jauh. Kabel hitam garis putih dari lampu kanan dan kabel hitam polos dari lampu kiri masuk selang dan berujung pada suatu relay, relay lampu dekat.

kabel dan relay
Selanjutnya copot relay lampu jauh. Pasang ohm meter pada kaki 87 dan 30. Beri tegangan 12 volt pada kaki 85 dan 86. Cetek… kumparan relay bekerja tapi ohmeter tidak bergerak. Wah saklar pada relay jauhnya mati! Peta koneksi kaki-kaki relay ada di casing relay. Untuk memastikannya, lalukan pertukaran relay. Relay lampu jauh dipasang untuk lampu dekat, sebaliknya relay lampu jauh dipasang pada lampu dekat. Hasilnya kini lampu jauh nyala dan lampu dekatnya mati. Jelas relay lampu jauhnya mati.


Cari relay di toko onderdil mobil, ada merek V-Bright 22 rb perak dan GEN 17 rb perak. Akhirnya beli V-Bright yang malah cuma bayar 20 rb perak.

Sebelah kiri relay lama merk BOSCH. Sebelah kanan relay V-BRIGHT baru
Relay BOSCH

Relay V-BRIGHT

Jadi habis relay 20 rb, 4 biji lampu 8 rb (2 buat cadangan). Gampang dan murah kan .

3 comments:

  1. Selanjutnya copot relay lampu jauh. Pasang ohm meter pada kaki 87 dan 30. Beri tegangan 12 volt pada kaki 85 dan 86.
    Itu maksudnya beri tegangan dari aki gitu om?

    ReplyDelete