Monday, March 30, 2015

[Charade] Cek Rutin Harian

Mobil jadul ini bukan buat harian, kalaupun buat harian paling buat ke kantor PP. Bukan buat touring jarak jauh ataupun balapan :) . Jadi cukup cek rutin olie dan radiator tiap pagi. Dan sebaiknya tiap hari atau dua hari, mesin dipanaskan sekitar 3-5 menit, mau dipakai atau ngga dipakai. Gunanya adalah :

- mudah dihidupkan setiap saat. Motor saya saja kalau libur sabtu-minggu jadi sedikit susah dihidupkan pada hari seninnya. Perlu beberapa kali ayunan starter, kadang pake choke. Tapi kalau hari selasa-jumat cukup sekali ayun, hidup deh.
- charging accu (padahal udah kepake sebagian tuh buat ngidupin :)
- Menjaga moving parts dari pengaratan atau kemacetan.


Sebagai newbie dalam hal mobil, awalnya saya bingung mana tempat masukan olie, mana pengukur olie dsb. Oleh karena itu saya tulis disini, biar para newbie ngga kebingungan lagi kayak saya :).


Pertama, cek ketinggian olie. Dibagian bawah ada semacam tuas yang bisa dicabut. Cabut tuas itu dan periksa ujungnya yang pipih. Jika semua ujung pipih ini terendam olie berarti olie penuh. Kalau hanya sebagian yang terendam berarti olie kurang. Tambahkan olie melalui melalui masukan olie. Olie yang digunakan adalah olie PrimaXP atau olie dgn spek SAE 20W-50. Beli saja PrimaXP gallon yang 4 liter. 3 liter untuk ganti oli, sisanya yg 1 liter buat tambahan kalau kurang. Harga PrimaXP 4 liter sekitar 114 rb. Kapasitas oli mesin adalah 2.9 liter. 2,7 liter untuk ganti oli, 0.2 liter didalam filter oli.

Add caption

Cabut pengukur oli-nya
Periksa ujungnya yang pipih

Kedua, cek air radiator. Buka tutup radiator, Tambahkan air radiator jika kurang.  Periksa ketinggian air dalam tangki plastik radiator. Tambahkan air radiator jika kurang.

Periksa air radiator

Ketiga, cek ketinggian air accu. Kalau kurang tambahkan dengan air accu penambah (bukan yg buat kuras).


Kalau sudah beres semua, selanjutnya nyalakan mesin untuk pemanasan.


Untuk ganti olie dilakukan tiap 2500 km atau 5000 km. Biar gampang diingat :) Kalau bisa tiap ganti olie, juga dilakukan servis ringan di bengkel untuk membersihkan karburator, klep dan ruang klep-nya. Kalau mau ganti oli sendiri, ini lubang kuras oli-nya :

Add caption

Tambahan dari Pak Henkie :


-Ketinggian pedal rem.
-Ketinggian pedal kopling.
-Ketinggian rem tangan.
-Kebebasan gas.


UPDATE 2 JANUARI 2010


Jumat 31 Desember 2010 kemarin cek oli gardan, wah ternyata kurang dari setengah. Dalam perjalanan pulang dari samsat rancaekek, mampir di olimart rancaekek. Beli oli gardan PERTAMINA RORED EPA SAE 90 seliter seharga 27 rb.





Gambar milik tokooli.com


Mestinya biar aman oli gardan diganti tiap 20000 km. Lubang turasnya dimana yah?

1 comment:

  1. Daihatsu charade ku 86 pengerak depan tanpa gardan cuma oil perseneling.aja

    ReplyDelete