Oh yah.. Jangan lupa copot semua kabel yang nyambung ke accu.
Juga dibutuhkan obeng pipih kecil untuk menyodok kunci/pengait terminal, saat hendak melepas terminal dari socketnya. Saya buat dari paku 3-4 cm yang dipipihkan dengan palu dan ditancapkan pada potongan dahan pohon jambu :) .
Sambil disodok-ditekan2 kuncinya, kabel-terminal pelan2 ditarik. Nariknya jangan kuat2, entar malah putus kabelnya. Kalau kuncinya sudah rata, mestinya mudah/ringan nariknya.
disodok, ditekan2, digesek kanan kiri :)
Dudukan relay saya buat dari bekas dudukan plat nomer motor. Plat nomer motor malah pakai multiplek :D .
Ukur dulu panjang kabel2 yang dibutuhkan dan pasang terminal2 yang sesuai pada ujung2 kabel. Masukan trigger solenoid saya samakan terminalnya dengan terminal kabel triger asli dari kunci kontak. Dengan demikian relay solenoid dapat dibypass dengan mudah, tinggal cabut dan colok. Selanjutnya pasang terminal kabel(ujung kabel) pada kaki2 relay dan lakukan pengetesan. Hasil test oke, terminal kabel baru dipasang pada socket. Nampak walau pakai socket dan relay 5 kaki tapi pakai 4 kaki saja. Kaki yang ditengah adalah output paralel dari output lainnya, jadi bisa tidak dipakai. Yang dipakai output kaki lainnya.
Selanjutnya mengupas isolasi kabel2 lama... wowwww.. benar saja ada kabel telanjang bekas terbakar!
Kabel2 yang terbakar adalah kabel2 alternator, dilakukan penggantian kabel2 alternator.
Uppsss kabel kodenser putus tercabut walau ditarik ringan.. sudah rapuh kondensernya !
Tetangga yang tukang tambal ban berkomentar, "wah itu kondenser nggak kepakai... kabelnya kepasang ke ground" . Wah tukang tambal ban ini jangan2 bekas montir, oke percaya deh. Jadi saya biarkan saja. Tapi pas beberesan, saya nemu kondenser cadangan yang saya beli sebelum mudik kemarin. Kemudian saya ingat, waktu saya hendak melepas mur kabel dialternator, kunci nyentuh karburator dan konslet. Wah nggak kepasang ke ground dong, berarti kodenser kepasang benar dan berfungsi. Okeee.. PR selanjutnya memasang kondeser pada alternator.
No comments:
Post a Comment