Monday, March 30, 2015

[Charade] Membersihkan Pipa Dan Tangki Bensin

Membersihkan pipa dan tangki bensin itu sangat mudah, tidak perlu dongkrak/jackstand dan tidak perlu turun tangki, berikut kisahnya :

Dinamo sudah dibersihkan, solenoid sudah diganti baru, kabel2 sudah diganti lebih gede. Cetak-cetek sudah berkurang, paling 1-2 kali (masih misteri). Tapi mesin masih sukar dihidupkan, dinamo lama muternya ngekkkk.. ngekkkk. Kalau dipanaskan stasioner pun ngga tahan lama lagi.. 5 menit sudah letoy lemes wakakakaka. Lagi dipanaskan, diinjek gasnya malah batuk2 mau mati. Curiga dengan pompa bensin yang lemah, maka langkah2 selanjutnya :
- selang keluaran filter bensin pun dicabut.... TIDAK ADA BENSINNYA!
- Filter bensin dicabut dan ditiup serta disedot.. oke kok.
- masukan selang bening kecil 1 m (banyak dijual di toko besi, 1000 perak permeternya). Masukan dalam selang bensin. Coba sedot.. hmmm berat dan sulit keluar. Wahh pipa bensinnya mampet booo!

Botol infus, selang benang, dan selang bensin motor
Langkah pertama adalah melepas selang main house yang ada di tangki. Lepas dulu klem pipanya dengan kunci 10.

Copot klem selang
Cabut selang main hose(yang ditengah) dari pipa(yang menuju filter). Selang terluar tanpa sambungan untuk suatu sensor(entah apa). Pipa yang dibagian dalam ukurannya lebih kecil, untuk jalur penampungan bensin yang berlebih dari pompa bensin. Bensin dari tangki akan mengalir dan tampung di jolang, setelah agak penuh pindahkan ke dalam jerigen. Butuh 2 jolang, buat gantian menampung bensin. Waktu memindahkan ke jerigen, gunakan corong yang berfilter.

Corong berfilter
Corong berfilter dibuat dari corong biasa berukuran besar yang banyak dijual di Borma. Filternya menggunakan saringan teh yang dipotong dengan gergaji besi dan ditempelkan ke corong dengan menggunakan plastic steel.

Saringan Teh
Selesai menguras tangki, langkah selanjutnya siapkan carburetor cleaner, semprotkan dalam gayung hingga kira2 100 cc (setengah gelas). Selanjutnya pindahkan cairan carburetor cleaner pada "botol infus". Atau langsung semprotkan ke dalam botol infus. Punya saya sprayernya patah, jadi mesti ditekan pakai paku. Makanya disemprotkan dalam gayung. Botol infusnya menggunakan bekas botol air penambah aki yang ada corong kecil pada tutupnya. Tancapkan botol pada selang yang pipa. Biarkan cairan cleaner ini mengalir kedalam selang dan pipa. Biarkan selama 15 menit. Pada kasus saya, cairan cleaner ini akhirnya menetes ujung pipa yang dekat tangki.

Infus Cleaner
Sambil menunggu cairan cleaner, bersihkan filter dengan disemprot dalam carburetor cleaner. Semprot pada IN dan OUT nya filter. Rendam dalam gayung berisi bensin, kocok2 dan buang bensin dalam filter.
cuci filter
Setelah 15 menit cairan cleaner bereaksi, selanjutnya siram pipa dengan bensin. Botol infus diisi dengan bensin hingga hampir penuh.

Siram pipa dengan bensin
Bensin mengalir kecil tidak ngocor di ujung pipa, masukan ujung pipa dalam selang bensin motor(6000 perak permeter), sedot bensin dengan mulut. Tak lama kemudian bensin pun deras mengalir, tanda yang bikin mampet sudah hilang. Dan inilah endapan dalam selang yang bikin mampet, nampak ada cairan cleaner yang berminyak dan melarutkan endapan/kotoran menjadi seperti suatu emulsi.

endapan/kotoran yang dilarutkan cairan carburetor cleaner
Langkah selanjutnya adalah menguras tangki, buka baut buangan tangki dengan kunci 17. Tampung dalam jolang, pindahkan ke jerigen dengan menggunakan corong hingga tangki kosong. Pasang 1 jolang di bawah lubang buangan tanki. Ambil 1 jolang dari jerigen, masukan lagi ke tangki lewat hose masukan bensin dengan menggunakan corong berfilter. Bensin akan menyiram tangki dan membawa kotoran2 yang tersisa. Oh yah bersihkan dulu jolang yang buat menampung bensin buangan. Maksudnya untuk mengamati kotoran2 baru dari tangki. Lakukan berkali-kali hingga tak nampak kotoran pada jolang penampung bensin dari lubang buang.

Setelah bersih, pasang selang main hose. Pasang klem pipa. Tutup kencang2 lubang buangan tangki. Isikan kembali semua bensin dari jerigen ke lubang masukan bensin dengan menggunakan corong berfilter.

Pasang selang kecil dalam selang bening kecil 1 m (banyak dijual di toko besi) dalam ujung selang bensin yang biasanya masuk ke filter(IN). Sedot.. wusss enteng banget nyedotnya.

Sedot pakai selang benang


Cabut selang bening ini. Pasang kembali selang ke IN filter bensin. Tuangkan bensin dalam filter dan selang yang menuju pompa. Biarkan 10-15 menit atau lebih agar tumpahan/cipratan bensin benar2 kering, bila perlu keringkan dengan lap.

Hasilnya dinamo ngga perlu lama2 muter ngekkkk... ngekkkk... ngekkkk..., begitu dikontak.. tanpa injak pedal gas.. jegerr mesin langsung hidup. Mesin pun hidup stasioner tanpa batuk2 dan mati. Selanjutnya adalah membersihkan karburator dengan menggunakan carburetor cleaner dan setting inddle mixture.

No comments:

Post a Comment